Tabulampot Jeruk Manis, Kulitnya pun Berkhasiat

image kompas.com – Sesuai namanya, jeruk manis (Citrus sinensis) rasanya amat manis, dengan kadar asam yang sangat rendah. Jeruk manis umumnya hanya berbuah satu kali selama setahun.
Buahnya berbentuk bulat atau mendekati bulat. Ukurannya agak besar, bertangkai kuat, dengan warna kulit buah hijau sampai kekuningan dan mengkilat. Ketika masih kuncup, warna bunga umumnya putih atau putih kekuning-kuningan. Memiliki kelopak bunga membentuk cawan, dan daun bunganya sebanyak 5 helai.


Penampilan jeruk manis lebih terasa eksotik bila ditanam di dalam pot. Buahnya yang bundar itu tampak bergelantungan. Bahkan saking banyaknya buah, batangnya harus disangga dengan bambu atau kayu penyangga.

Ada dua jenis jeruk manis yang sudah kondang, yakni jeruk Pacitan dan jeruk Sunkis. Jeruk Pacitan warnanya kuning pucat, rasanya sangat manis, bentuk buahnya bulat ke samping, dengan kulit yang tipis. Sementara jeruk Sunkis, atau secara khusus adalah sunkis varietas Lau Kawar, selain rasanya manis, juga kandungan airnya banyak. Warna buahnya kuning kemerah-merahan, kulit buah halus berbintik-bintik, dan memiliki “udel” (puar) pada pantat buah.

Jeruk manis dapat diperbanyak secara generatif (dengan biji), namun untuk kepentingan bertanam dalam pot, sebaiknya gunakan bibit asal perbanyakan vegetatif. Bisa juga memakai bibit okulasi, yang dapat diperoleh dari penangkar bibit buah-buahan.
Untuk pot, bisa menggunakan pot tanah, pot porselen, pot plastik, pot semen, atau pot kayu. Bentuk pot bisa bulat, persegi panjang, atau oval. Yang penting, sesuaikan ukuran pot dengan besar-kecilnya bibit.

Untuk media tanam, gunakan tanah kebun yang subur. Bisa juga campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang (1 : 1 : 1). Sebelum bibit ditanam, lubang dasar pot ditutup dengan pecahan genting, kemudian di atasnya dilapisi kerikil dan pasir secukupnya. Setelah itu, baru dimasukkan media tanam, dengan volume sepertiga dari pot.

0 Response to "Tabulampot Jeruk Manis, Kulitnya pun Berkhasiat"

Post a Comment

DITUNGGU KOMENTARNYA