Produksi Kopi Robusta Melonjak 114,58 Persen

image

Foto Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Ishak

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Berbeda kondisinya dengan Kakao, produksi kopi robusta Lampung melonjak di tahun ini. Tercatat hingga September 2011, produksinya mencapai 461.932,4 ton naik 114,58 persen dari tahun lalu dalam periode yang sama yaitu 191.212,66 ton.

Untuk nilai mengalami peningkatan 276,89 persen dari 268.227.908 dolar AS menjadi 1.010.915.455 dolar AS.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Ishak menyambut gembira peningkatan ini, apalagi  pihaknya yang telah mengandeng Kementrian Industri dan Perdagangan dalam membina petani kopi.

Pembinaan menyangkut segala aspek termasuk peningkatan daya jual kopi, yaitu dari bahan ekspor berupa  bahan mentah biji kopi menuju olahan, yang di pasar global lebih harganya lebih tinggi.

Tak hanya itu, industri pengolahan kopi ke depan juga menerapkan pola kluster pengelompokkan industri kopi dari industri inti dengan industri pendukung, industri terkait, jasa penunjang, infrastruktur ekonomi, dan lembaga terkait.

Manfaat klaster selain mengurangi biaya transportasi dan transaksi juga meningkatkan efisiensi, menciptakan aset secara kolektif, dan mendorong terciptanya inovasi.

Ke depan Diskoperindag juga mendorong diversifikasi produk kopi yang akhirnya memberi nilai tambah bagi produk kopi Lampung, sehingga membuka kesempatan kerja dalam negeri khususnya. (anas)

0 Response to "Produksi Kopi Robusta Melonjak 114,58 Persen"

Post a Comment

DITUNGGU KOMENTARNYA