Sisa Dahsyatnya Letusan Krakatau yang Terlupakan di Lampung

Bandar Lampung - Tahun 1883, Lampung dihempas tsunami dari letusan Gunung Krakatau. Taman Dipangga di Bandar Lampung, menyimpan kenangan tragedi tersebut.

Berada di Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Taman Dipangga hampir tak pernah sepi. Suasananya yang sejuk dengan pepohonan hijau di sekeliling membuat siapa saja betah berlama-lama di sana.


(Kurnia/detikTravel)

Siapa sangka, di sana ada monumen peringatan letusan Krakatau yang terjadi 2 abad silam. Gunung Krakatau meletus tahun 1883 dan memiliki efek tsunami yang menghantam Lampung dan sekitarnya.

Mirip dengan tsunami di Aceh, semua bangunan dan pepohonan tersapu air bah. Di Banda Aceh ada kapal induk yang terseret sampai tengah kota, di sini juga ada yang mirip.


(Kurnia/detikTravel)

Sebuah kapal pernah terseret sampai ke taman ini. Dari sanalah dibuat monumen peringatan Letusan Krakatau dengan lampu kapal di ujung monumennya.

Di bagian bawah terdapat sejenis relief yang berisi gambaran masyarakat di Lampung, sebelum dan sesudah tsunami. Mulai dari kehidupan masyarakat di pesisir laut, sampai momen saat masyarakat mengungsi kala terjadi ledakan Krakatau.


(Kurnia/detikTravel)

Monumen ini akan mudah ditemui karena bentuknya yang cukup besar dan terletak di tengah taman. Biasanya, di sekelilingnya banyak wisatawan yang duduk santai sambil mengobrol.
detik.com

1 Response to "Sisa Dahsyatnya Letusan Krakatau yang Terlupakan di Lampung"

  1. Koleksi Chord Lirik Lagu Terlengkap http://www.chord.andelomusic.com/

    ReplyDelete

DITUNGGU KOMENTARNYA